Rabu, 03 April 2013


PENELITIAN EKPERIMENTAL
PENDAHULUAN
Salah satu metode penelitian adalah eksperimen. Untuk dapat melaksanakan suatu eksperimen yang baik, perlu dipahami terlebih dahulu segala sesuatu yang terkait dengan komponen-komponen eksperimen. Baik yang berkaitan dengan jenis-jenis variabel,  hakekat  eksperimen,  karakteristik,  tujuan,  syarat-syarat  eksperimen, langkah-langkah  penelitian  eksperimen,  dan  bentuk-bentuk  desain  penelitian eksperimen.
Selanjutnya, untuk lebih memahami mengenai penelitian eksperimen, dalam akalah ini akan dibahas mengenai metode penelitian eksperimen beserta hal-hal yang terkait di dalamnya. 

PEMBAHASAN
A.       PENGERTIAN PENELITIAN EPERIMENTAL
Dalam penelitian, terdapat beberapa jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian Kuantitatif, memiliki beberapa macam penelitian diantaranya adalah penelitian ekperimental. Percobaan Experimental  merupakan sebuah penelitian yang sistimatis dan menggunakan pendekatan ilmiah untuk metotode ilmiah dimana peneliti memanipulasi variabelnya.
Sebuah penelitian dapat paling meyakinkan mengidentifikasi hubungan sebab akibat dengan menggunakan desain eksperimental. Dalam sebuah desain, peneliti mungkin mempertimbangkan banyak faktor yang dapat menyebabkan atau mempengaruhi kondisi tertentu atau fenomena. Penelitian ini kemudian mencoba untuk mengendalikan semua faktor berpengaruh kecuali yang memungkinkan efek sebagai fokus penyelidikan.(Leedy, Paul D, 2005) 
Menurut Nana Syodik (2009) penelitian ekperimental  merupakan pendekatan penelitian kuantitatif  yang paling penuh dalam arti memenuhi persyaratan untuk menguji hubungan sebab-akibat.
Arikunto (2012) mendefinisikan eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu.
Lebih jelasnya oleh Gay,1981 dalam Emzir (2011) menyatakan bahwa metode penelitian experimental merupakan satu-satunya  metode penelitian yang dapat menguji secara benar hipotesis menyangkut hubungan kausal (sebab-akibat).
Dalam penelitian ini, setidaknya ada 1 variabel yang damanipulasi, kemudian terdapat variabel kontrol, serta melakukan observasi pengaruh/efek terhadap 1 atau lebih variabel terikat.

Untuk lebih jelas silakan di dowload disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar